oleh

Candi Cetho Menjadi Pertanda Betapa Hebatnya Nenek Moyang Kita

Kabarkan.Co.id –Karang Anyar – Indonesia merupakan sebuah negara tropis yang sangat luar biasa indah dan subur dengan berbagai aneka ragam flora dan fauna yang dapat hidup dan tumbuh dengan baik di negeri ini.

Namun tidak hanya itu saja, Pada ribuan tahun lalu nenek moyang bangsa Indonesia sudah mempunyai peradapan yang cukup maju.

Terbukti dengan berbagai peninggalan sejarah yang begitu banyak di negeri ini, dan salah satunya adalah sebuah candi yang terletak di provinsi Jawa tengah yaitu Candi Cetho.

Kata Cetho sendiri merupakan ejaan bahasa Jawa Latin (hanacaraka: ꦕꦼꦛ,ejaan bahasa Jawa latin: cethå)
Candi cetho merupakan candi bercorak agama Hindu yang diduga kuat dibangun pada masa-masa akhir era Majapahit abad ke-15 Masehi.

Lokasi candi berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut dan secara administratif berada di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Untuk sampai pada Candi Cetho di perlukan kendaraan yang cukup prima demi keselamatan pengunjung sendiri, karena jalan menuju candi sungguh sangat menantang dan extrem.

Sedangkan untuk harga tiket masuk terbilang cukup murah karena kita hanya di kenakan tarif masuk sebesar Rp. 15.000/ orang dan biaya parkir sebesar Rp. 10.000/mobil sedangkan bagi anak-anak balita tidak di pungut biaya.

Pemandangan cukup indah di lihat dari puncak Candi cetho, Namun jangan datang terlalu sore sebab pemandangan akan tertutup oleh kabut yang menyelimuti lereng gunung lawu.

Diatas Candi cetho terdapat beberapa patung dewa yang hingga saat ini masih di rawat dengan baik dan juga masih di gunakan untuk sembahyang bagi umat Hindu. Ysf

Komentar