oleh

Candi Hindu Terbesar di Indonesia Adalah Candi Prambanan

Kabarkan.Co.id – Yogjakarta – Menurut sejarawan Candi Prambanan adalah mahakarya yang luar biasa selain Candi Borobudur, Candi ini juga termasuk Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia.

Candi Prambanan berada di wilayah Yogyakarta tepatnya berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa yogyakarta.

Namun hingga saat ini belum dapat di pastikan tahun berapa candi ini di bangun tetapi di perkirakan Candi Prambanan di bangun pada Abad ke-9 oleh raja dari Wangsa Sanjaya, yaitu Raja Balitung Maha Sambu.

Dugaan tersebut didasarkan pada isi Prasasti Syiwagrha yang ditemukan di sekitar Prambanan dan saat ini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta.

Pada Prasasti berangka tahun 778 Saka (856 M) ini ditulis pada masa pemerintahan Rakai Pikatan.

Untuk masuk ke kawasan Candi kita di kenakan tiket masuk sebesar Rp.50.000 dan jika ambil paket tambahan biaya Rp. 85.000 untuk mengunjungi Candi-candi lain  di sekitaran Candi Prambanan Sedangkan biaya parkir di kenakan Rp. 15.000 buat mobil mini bus.

Di sini kita juga bisa masuk dalam bangunan Candi dan akan menemukan patung dalam setiap ruangannya, didalam Candi terdapat empat ruangan yang masing-masing berisi satu buah patung.

Jika kita ingin mengambil paket dengan menggunakan Mobil Jeep ada paket Long Trip dengan biaya Rp. 650.000 dan akan di bawa mengunjungi 8 tempat diantaranya, Candi Barong, Embung, Tebing Breksi, Candi Ijo, Selo Langit, Candi Banyunibo, Tebing Banyunibo dan terakhir susur sungai.

Sedangkan untuk Paket Medium dengan biaya Rp.500.000 kita hanya akan mendapatkan 6 tempat diantara 8 tempat tersebut. Dan paket Short Trip Rp. 350.000 kita mendapatkan 3 tempat yaitu Candi Barong Spot Riyadi dan Tebing Breksi. (Ysf)

Komentar