oleh

Ini Dia, Olahraga Sekaligus Rekreasi yang Pas saat Berpuasa serta Manfaatnya

Kabarkan.co.id – Saat berpuasa terutama di Bulan Ramadhan, merupakan momentum yang tepat bagi seluruh umat muslim di dunia untuk memperbaiki diri, memperbanyak ibadah dan meningkatkan rasa syukurnya.

 

Biasanya, ketika berpuasa, porsi aktivitas sehari-hari akan dikurangi, tidak seperti biasanya, mengingat tubuh kita tidak menerima pasokan makanan hingga 12 jam lebih, sejak waktu Imsyak, hingga Azan Maghrib. Tentunya, energi dan kebugaran tubuh sedikit menurun.

 

Untuk itulah, kebugaran tubuh harus senantiasa terjaga, meskipun tengah berpuasa, serta menjalankan aktivitas sehari-hari kita. Salah satunya dengan berolahraga.

 

Namun perlu diingat, anda harus memilih jenis olahraga, waktu, dan intensitas yang tepat. Karena, olahraga dengan intensitas yang terlalu berat akan membuat tubuh menjadi lemas dan berpotensi makan berlebihan saat berbuka puasa.

 

Alternatifnya, yakni olahraga sekaligus berekreasi seperti Jogging, jalan santai, dan bersepeda. Olahraga sembari rekreasi, memiliki intensitas yang cukup ringan, namun tidak menghilangkan esensi berolahraga.

 

Bahkan, jenis olahraga seperti itu, dapat dilakukan siapa saja, dimana saja, kapan saja, tanpa persyaratan khusus, karena tujuan utamanya menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa.

 

Berikut pilihan olahraga yang dinilai tepat untuk dilakukan, meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa.

 

Jogging

Joging merupakan olahraga lari dengan intensitas yang ringan. Jogging bisa dijadikan pilihan karena murah dan mudah dilakukan. Saat berpuasa, jogging bisa dilakukan beberapa jam setelah sahur atau sore hari menjelang berbuka.

 

Jogging di pagi hari, membuat tubuh kita menjadi tidak terlalu lelah karena masih banyak cadangan energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Sedangkan, jogging di sore hari bisa dilakukan sekira 20-30 menit menjelang berbuka, karena tubuh tidak terlalu lama untuk mengembalikan cairan dan tenaga yang hilang setelah berolahraga.

 

Jogging juga bisa dilakukan di jalan, taman olahraga ataupun di dalam ruangan menggunakan alat bantu yang disebut treadmill. Jogging juga memliki segudang manfaat bagi tubuh kita, seperti meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung, hingga menjaga berat badan tetap ideal.

 

 

Jalan Santai

Ketika tubuh tidak memungkinkan untuk ber-jogging karena terlalu lelah akibat aktivitas sehari-hari, olahraga jalan santai bisa dijadikan alternatif pilihan saat berpuasa. Ketika melakukan jalan santai, anda tidak perlu memporsir energi terlalu banyak.

 

Seperti halnya jogging, jalan santai juga bisa dilakukan di luar ruangan ataupun di dalam ruangan. Walaupun terlihat sederhana, tetapi olahraga jalan santai tetap memiliki banyak manfaaat bagi tubuh. Seperti menjaga kebugaran tubuh, memperkuat tulang, serta membantu membakar kalori.

 

 

Bersepeda

Ketika anda ingin berolahraga tetapi merasa bosan dengan tempat atau suasana disekitaran rumah, maka bersepeda bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena, anda tetap bisa berolahraga sambil berekreasi ke suatu tempat yang anda inginkan.

 

Dengan demikian, menunggu waktu berbuka puasa sambil bersepeda ria, jadi tidak terasa terlalu lama. Selain itu, bersepeda selama 30 menit saja, juga memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, hingga meredakan stres akibat aktivitas sehari-hari. (*)

 

Oleh : M. Eric Kantona, Universitas PGRI Silampari, Kota Lubuklinggau erickantona293@gmail.com 

Komentar